loading...

LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT

Lingkungan yang bersih itu seperti apa bu ? yaitu lingkungan yang tidak ada lagi pencemaran, baik pencemaran air, udara, maupun tanah. Lingkungan asri yang membuat siapa pun nyaman hidup di dalamnya. Dan lingkungan yang bersih itu akan menghasilkan keluarga yang sehat.keluarga yang tidak mudah sakit, keluarga yang akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang tahan banting, yang siap menghadapi arus globalisasi.
Bapak/ibu hadirin sekalian, agar yang diatas tadi dapat kita wujudkan, kita mengenal 5 Pilar LBS. ada yang masih ingat bu? Atau ada yang lupa tapi perlu di ingatkan ? iya…? Baik kita urai yang pertama.

1.      STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN
Saya mengambarkan hal ini dengan jari kelingking. Karna menandakan hal yang buruk , mulai dari anak kita balita, kita ajarkan dia untuk PUP di kamar mandi. Biasakan dia dengan hal yang baik, beri dia pengertian bahwa BAB di sembarang  tempat  adalah hal yang jorok, tindakan yang tidak baik, mungkin awalnya dia susah, tapi kalau hal itu sudah menjadi kebiasaan , bukan tidak mungkin, dia tidak akan BAB kalau tidak di jamban. Itulah ibu, balita saja harus di ajari, bagaimana kita yang dewasa ? ayo ibu, jagalah lingkungan kita, dengan menjaga dan memeliharanya sudah tidak ada lagi orang yang BAB sembarangan, sudah ada jamban, tempat kita buang hajar, hilangkan kebiasaan BAB disungai ………. Itu pencemaran air ibu.

2.      AYO CTPS
Tangan kotor adalah sumber penyakit, setelah kita memegang binatang, lalu kita hanya menyiram tangan kita dengan air, lalu kita makan. Tidak menutup kemungkinan ibu akan terkena diare. Atau lebih bahaya jika ibu memegang unggas yang terifeksi Flu Burung, maka secara otomatis, ibu juga akan terkena penyakit flu burung…ibu. Di dalam sabun ada zat yang bernama antiseptik yang berfungsi sebagai pembunuh kuman nah. Ketika tangan kita hendak memegang bayi yang masih rentan terehadap penyakit. Di haruskan kita harus cuci tangan pakai sabun. Ibu masih ingat 6 waktu penting cuci tangan. Ayo ibu yang baju biru, tolong sebutkan ! Iya, Sebelahnya. Lagi sebelahnya . baik terima kasih ibu-ibu sekarang hebring pisan euy. Pinter-pinter!!!!

3.      RESAPKAN AIR KOTOR
Air kotor itu apa ibu ? iya. Limbah. Air kotor dari rumah tangga adalah air bekas cuci piring, cuci baju, mandi dll. Nah air yang seperti itu harus kita buatkan resapanya, berbeda degan septiktank kotoran manusia. Lebih sederhanya dalam rumah tangga di wajibkan punya 2 septiktank 1 untuk kotoran BAB, 1 nya lagi untuk air limbah. Tidak boleh di campur ibu keep smile, karna air limbah itu, banyak sekali kandungan zat antiseptiknya dari sabun. Kalau kita campur jadilah jamban leher angsa ibu cepat penuh, kenapa ? kenapa eh kenapa septik tanknya penuh? Karena eh karena zat pengurai yang ada dalam kotoran manusia.mati karna terkena antiseptiknya. Mengerti ibu ? bagi ibu-ibu yang masih mencampurkan antara septik tank kotoran dan limbahnya, pulang dari sini segera lapor kesuami. Pah saptik tank kita salah. Ibu suparmi dari kab sarolangun yang bilang begitu, ayuh pak kita renovasi. Kalau papah gak mau siap-siap, papah mengalami kejadian buruk, yaitu septik tanknya membludak.

4.      OLAH DULU AIR MINUMNYA
Bila di rebus cara tradisonal yang masih efektif untuk membunuh kuman-kuman kalau mau simple nya, pakai saringan air di toko-toko elektronik sekarang sudah banyak saringan air, tapi selektiflah kalu memilih produk yang benar-benar sudah ada SNInya, kalau air sudah di olah di jamin kita tidak terkena diare kalau mengkonsumsinya.atau yang lebih praktis….. dor !!! kaget ya bu ? yang lebih praktis beli di depot air minum, tapi tanyakan dulu ke pemilik depotnya, surat izin usahaya dari dinkes, sekarang tuntutan zaman banyak sekali yang dilakukan oleh para pengusaha nah… lagi-lagi ibulah sebagai kepala dinas kesehatan dalam rumah tangga, harus lebih selektif lagi dalam menjaga kesehatan anak dan suami, ingat bu, olah dulu air minumnya baru kita bisa mengkonsumsinya.

5.      PILAH SAMPAH
Dengan menyediakan 2 tempat sampah di dapur. 1 untuk sampah organik yang bisa kita jadikan pupuk. Dan 1 nya untuk sampah non organik. Begini ibu. Kita bisa berbagi pengalaman. Saya kalau ada sampah organik, saya potong “kecil” kemudian saya letakkan dalam pot bunga, hasilnya, sampahya membusuk bunga saya dapat pupuk sampah saya tidak menumpuk menimbulkan pencemaran udara, dapat keuntungan lagi. Tidak keluar uang untuk beli pupu buat bunga-bunga saya. Kalau sampah non organik….ini bu saya di rumah mempunyai kegaitan sampingan recycle/ daur ulang dari botol bekas teh gelas, saya merangkainya menjadi sebuah tas. Cantik kan bu ? siapa sangka ini dari sampah di pinggir jalan. Di desa saya. Sekarang tak ada sampah teh gelas  karna para murid SD rajin memunggutnya untuk dijadikan tas karna saya mengajari mereka daur ulang.
Inilah ibu 5 pilar LBS. ayo ibu, di rangkum bersama-sama :
-          Klingking jangan BAB Sembarangan
-          Ayo Manis, Cuci tangan pake sabun
-          Telunjuk olah dulu air minum
-          Paling hebat pilah sampah

Itulah 5 pilar LBS, semua hidup sehat 2x

0 Response to "LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT"

loading...