2. Hasil Pengamatan Siklus II
Untuk
skenario perbaikan pada siklus II dengan lima RKH pada tanggal 10 Maret sampai
14 Maret 2014 dengan tema Air, Udara, dan Api akan dilakukan perbaikan
meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui, metode karyawisata adalah
sebagai berikut :
a. Senin, 10 Maret 2014
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal + 30 Menit
a. Bercerita tentang udara
2. Kegiatan inti + 60 Menit
a. Mengelompokkan balon sesuai dengan
warnanya
b. membilang balon yang warnanya sama.
3. Kegiatan Akhir + 30 Menit
a. Bernyanyi “Selamat Siang”
b. Mengulang Kegiatan Hari ini
c. berdo’a Pulang
Sarana dan alat yang
digunakan
1. Balon
Langkah-langkah
perbaikan
1. Kegiatan perbaikan
Dalam kegiatan ini anak akan melakukan kegiatan mengelompokkan balon
sesuai warna
a. Guru memberi contoh cara mengelompokkan
balon
b. Guru Menerangkan warna-warna apa saja
saat itu
c. Guru Mencontohkan balon merah sama merah,
kuning sama kuning dan lain sebagainya.
2. Kegiatan Pengembangan
kegiatan anak dalam mengelompokkan balon sangat menyenangkan oleh
sebab itu anak melanjutkan dengan kegiatan membilang balin yang warnanya sama.
Langkah-langkah perbaikan
a. Guru mempersiapkan beberapa balon
berwarna
b. Guru Mengajarkan cara menghitung balon
yang sama
Hasil Refleksi
a. kegiatan
Mengelompokkan balon sudah berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga tidak perlu
di ulang kembali
b. kegiatan inti yang kedua yaitu membilang balon yang warnanya
sama dan menjumlahkan masih belum mencapai tujuan yang maksimal, sehingga perlu
di tingkatkan kembali.
b. Selasa, 11 Maret 2014
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal + 30 Menit
a. Meloncar dari ketinggian 30 cM
b. Mentaati aturan meloncat
2. Kegiatan inti + 60 Menit
a. Membilang gambar balon udara
b. menghubungkan gambar bola dengan angka
yang sesuai
3. Kegiatan Akhir + 30 Menit
a. Bernyanyi “Selamat Siang”
b. Mengulang Kegiatan Hari ini
c. berdo’a Pulang
Sarana dan alat yang
digunakan
1. gambar Balon Udara
2. Pensil
3. Gambar bola dan angka-angka
Langkah-langkah
perbaikan
1. Kegiatan perbaikan
kegiatan anak dalam permainan membilang gambar balon udara, berjalan
dengan baik, maka anak akan bermain membilang gambar balon dengan
langkah-langkah :
a. Guru Mempersiapkan gambar-gambar balon
udara
b. Guru mencontohkan kepada anak bagaimana menghitungnya
c. dengan pelan-pelan anak di bimbing untuk
mengikuti dan menirukan menghitungan.
2. Kegiatan Pengembangan
Kegiatan anak dalam membilang gambar balon udara dapat berjalan
dengan lancar maka dilanjutkan dengan kegiatan kedua yaitu menghubungkan gambar
bola dengan anka yang sesuai.
Langkah-langkah perbaikan
a. Guru Mencontohkan cara menghubungkan
gambar dengan angka
b. Tunjukkan kepada anak gambar dan
angka-angka
c. Guru mencotohkan menghubungkan gambar
bola 2 berarti angkanya 2.
Hasil Refleksi
a. Dari kegiatan yaitu
bermain menghitung gambar balon udara berjalan dengan baik, sehingga tidak
perlu di ulang kembali.
b. Kegiatan kedua menghubungkan gambar dengan bola yang sesuai
belum mencapai tujuan maksimal, sehingga perlu di ulang kembali.
c. Rabu, 12 Maret 2014
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal + 30 Menit
a. Berjalan dengan berjinjit
2. Kegiatan inti + 60 Menit
a. Membuat pohon tertiup angin
b. Membuat gambar layang-layang
c. Membilang gambar layang-layang
3. Kegiatan Akhir + 30 Menit
a. Mengulang Kegiatan Hari ini .
b. berdo’a Pulang
Sarana dan alat yang
digunakan
1. Pensil
2. kertas Gambar
3. Crayon
Langkah-langkah
perbaikan
1. Kegiatan perbaikan
kegiatan anak dalam menirukan atau membuat gambar pohon tertiup
angin belum berjalan lancar, maka perlu perbaikan dengan langkah-langkah :
a. Anak diajak melihat pohon bergoyang di
tiup angin
b. informasikan cara membuatnya
c. Beri terus motivasi bagaimanapun hasilnya
d. Ajaklah mewarnai gambar tersebut.
2. Kegiatan Pengembangan
Kegiatan anak membuat gambar layang-layang masih ada yang belum
bisa, oleh Karena itu perlu di perbaiki dengan langkah-langkah :
Langkah-langkah perbaikan
a. Perlihatkan kepada anak
gambar-layang-layang
b. Suruh anak menirukan
c. Buat garis-garis pinggirnya
Hasil Refleksi
a. Kegiatan membuat
gambar tertiup angin belum mencapai tujuan maksimal, sehingga perlu di perbaiki
kembali
b. Kegiatan membuat layang-layang masih banyak yang belum mampu,
dan perlu di ulang kembali
c. Kegiatn membilang gambar layang-layang dapat berjalan dengan baik
sehingga tidak perlu di ulang kembali.
d. Kamis, 13 Maret 2014
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal + 30 Menit
a. Berjalan maju pada garis lurus
2. Kegiatan inti + 60 Menit
a. Menghitung batang korak api
b. Menunjukkan lambang bilangan 1-5 pada gambar
obor
3. Kegiatan Akhir + 30 Menit
a. Mengulang Kegiatan Hari ini .
b. berdo’a Pulang
Sarana dan alat yang
digunakan
1. Batang-batang Korek Api
2. Gambar Obor
3. Angka 1-15
4. Pensil
Langkah-langkah
perbaikan
1. Kegiatan perbaikan
Kegiatan anak dalam menghitung batang korek api sudah banyak anak
yang mampu mengikuti, maka pada kegiatan ini akan dilakukan langkah-langkah
perbaikan:
a. Guru Memberi contoh cara menghitung benda
b. Bimbing Secara berkelompok
c. berikan kesempatan pada anak yang belum
memahami hitung
2. Kegiatan Pengembangan
Kegiatan Anak menunjuk lambang bilangan 1-5 pada gambar obor sudah
banyak anak yang mampu maka anak bermain menunjuk lambang bilangan 1-5 pada gambar obor dengan langkah-langkah
perbaikan :
a. Guru Memperlihatkan angka 1-5 dan gambar
obor
b. Tunjukkan angka 1 berarti obornya 1 dan
seterusnya
c. Bimbing Anak Secara Berkelompo
Hasil Refleksi
a. Kegiatan ini Pada SKH
ini yaitu pertama menghitung batang korek api dapat mencapai tujuan
pembelajaran secara maksimal sehingga tidak perlu di ulang kembali
b. Kegiatan inti kedua juga sesuai tujuan pembelajaran.
e. Jum’at, 14 Maret 2014
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal + 30 Menit
a. Bergerak dengan irama lagu “Potong Bebek
Angsa”
2. Kegiatan inti + 60 Menit
a. Menghubungkan gambar obor dengan tulisan
obor
b. Mengukur Panjang Buku dengan Batang Korek
Api
c. Meniru Lambang Bilangan 1-8 dengan gambar
tungku api
3. Kegiatan Akhir + 30 Menit
a. Mengulang Kegiatan Hari ini .
b. berdo’a Pulang
Sarana dan alat yang digunakan
1. Pensil
2. Gambar Obor
3. Tulisan Obor
4. Batang Korek Api
5. Gambar Tungku Api
Langkah-langkah
perbaikan
1. Kegiatan perbaikan
Kegiatan menghubungkan gambar obor dengan tulisan obor anak sudah
banyak yang mampu, maka akan dilakukan kegiatan ini dengan langkah-langkah
perbaikan:
a. Guru menginformasikan kepada anak
bagaimana mengerjakanya
b. Bimbing Secara berkelompok
c. Pastikan anak sudah berkonsentrasi pada
kegiatan main
2. Kegiatan Pengembangan
Kegiatan Anak dalam mengukur panjang buku dengan korek api sudah
berjalan baik. Anak sudah banyak yang mampu hanya kegiatan meniru lambang
bilangan 1-8 dengan gambar tangkai korek api masih perlu perbaikan maka akan
dilakukan langkah-langkah perbaikan :
a. Bimbing anak mengenal lambang bilangn 1-10
b. Guru Menunjukkan Angka 1 dengan tankai
korek api1 dan seterusnya
c. berikan pada anak kesempatan jika ada
yang belum paham.
Hasil Refleksi
a. Dari Kegiatan inti
Pada SKH ini anak sudah mampu mengikuti kegiatan dengan baik
b. Kegiatan mengukur panjang buku dengan
korek api manunjukkan rata-rata anak sudah mampu sehingga tidak perlu di ulang
kembali
c. Kegiatan
meniru lambang bilangan 1-8 masih perlu di ulang kembali untuk mencapai hasil
maksimal.
Hasil Penilaiaan Kemampuan Anak
Dari hasil penilaiian kemampuan berhitung anak melalui metode
karyawisata pada siklus I secara kelompok besar dengan tema air, udara, dan
api. Sub tema air Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III adalah sebagai
berikut :
No
|
Nama Anak
|
L/P
|
SIKLUS I
|
||||||||||||||
Pertemuan I
|
Pertemuan II
|
Pertemuan III
|
Pertemuan IV
|
Pertemuan V
|
|||||||||||||
1
|
Azzahra
|
P
|
|||||||||||||||
2
|
Bima
|
L
|
|||||||||||||||
3
|
Fasha
|
L
|
|||||||||||||||
4
|
Laila
|
P
|
|||||||||||||||
5
|
Lara
|
P
|
|||||||||||||||
6
|
M. Abi
|
L
|
|||||||||||||||
7
|
Reza
|
L
|
|||||||||||||||
8
|
Rumiyati
|
P
|
|||||||||||||||
9
|
Sabela
|
P
|
|||||||||||||||
10
|
Siska
|
P
|
|||||||||||||||
11
|
Tedy
|
L
|
|||||||||||||||
12
|
Tiasya
|
P
|
|||||||||||||||
13
|
Vika
|
P
|
|||||||||||||||
14
|
Vinda
|
P
|
|||||||||||||||
15
|
Yuli
|
P
|
Keterangan Symbol Penilaiaan :
o
: Kurang
Ö
: Sedang
·
: Baik
Dari Siklus I diatas dapat di lihat tingkat kemampuan dari 15 anak
pada pertemuan I terdapat 10 anak mendapat nilai kurang, 4 anak mendapat nilai
sedang dan 1 anak mendapat nilai baik. Pada perteman II terdapat 10 anak
mendapat nilai kurang, 4 anak mendapat
nilai sedang dan 1 anak mendapat nilai baik. Pertemuan III terdapat 9 anak
mendapat nilai kurang, 5 anak mendapat nilai sedang, dan 1 anak mendapat nilai
baik. Pada pertemuan IV terdapat 7 anak mendapat nilai kurang, 7 anak mendapat
nilai sedang dan 1 anak mendapat nilai baik. Pertemuan V terdapat 6 anak
mendapat nilai kurang, 8 anak mendapat nilai sedang dan 1 anak mendapat nilai
baik.
Hasil Penilaiaan Kemampuan Anak
Dari hasil penilaian kemampuan berhitung anak melalui metode
karyawisata pada siklus II secara kelompok kecil dengan tema air, udara, dan
api. sub tema air Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III adalah sebagai
berikut :
No
|
Nama Anak
|
L/P
|
SIKLUS II
|
||||||||||||||
Pertemuan I
|
Pertemuan II
|
Pertemuan III
|
Pertemuan IV
|
Pertemuan V
|
|||||||||||||
1
|
Azzahra
|
P
|
|||||||||||||||
2
|
Bima
|
L
|
|||||||||||||||
3
|
Fasha
|
L
|
|||||||||||||||
4
|
Laila
|
P
|
|||||||||||||||
5
|
Lara
|
P
|
|||||||||||||||
6
|
M. Abi
|
L
|
|||||||||||||||
7
|
Reza
|
L
|
|||||||||||||||
8
|
Rumiyati
|
P
|
|||||||||||||||
9
|
Sabela
|
P
|
|||||||||||||||
10
|
Siska
|
P
|
|||||||||||||||
11
|
Tedy
|
L
|
|||||||||||||||
12
|
Tiasya
|
P
|
|||||||||||||||
13
|
Vika
|
P
|
|||||||||||||||
14
|
Vinda
|
P
|
|||||||||||||||
15
|
Yuli
|
P
|
Keterangan Simbol Penilaiaan :
o
: Kurang
Ö
: Sedang
·
: Baik
Dari Siklus II diatas dapat di lihat tingkat kemampuan dari 15 anak
pada pertemuan I terdapat 5 anak mendapat nilai sedang dan 10 anak mendapat
nilai baik. Pada perteman II terdapat 4 anak mendapat nilai sedang dan 11 anak
mendapat nilai baik. Pertemuan III terdapat 2 anak mendapat nilai sedang, dan
13 anak mendapat nilai baik. Pada pertemuan IV terdapat 2 anak mendapat nilai
sedang dan 13 anak mendapat nilai baik. Pertemuan V terdapat 1 anak mendapat
nilai sedang dan 14 anak mendapat nilai baik.
B. Pembahasan Tiap Siklus
1. Siklus I
Dari hasil penelitian kemampuan untuk meningkatkan kemampuan
kognitif khususnya berhitung anak kelompok B Melalui metode karyawisata di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal III dapat di peroleh data tingkat kemampuan diambil
dari 15 anak.
Pada
siklus I pada pertemuan I terdapat 10 anak mendapat nilai kurang, 4 anak
mendapat nilai sedang dan 1 anak mendapat nilai baik. Pada perteman II terdapat
10 anak mendapat nilai kurang, 4 anak
mendapat nilai sedang dan 1 anak mendapat nilai baik. Pertemuan III terdapat 9
anak mendapat nilai kurang, 5 anak mendapat nilai sedang, dan 1 anak mendapat
nilai baik. Pada pertemuan IV terdapat 7 anak mendapat nilai kurang, 7 anak
mendapat nilai sedang dan 1 anak mendapat nilai baik. Pertemuan V terdapat 6
anak mendapat nilai kurang, 8 anak mendapat nilai sedang dan 1 anak mendapat
nilai baik. Dengan demikian kegiatan pembelajaran harus dilakukan perbaikan
pada siklus II
2. Siklus II
Dari hasil penelitian kemampuan diambil dari 15 anak pada siklus II
pertemuan I terdapat 5 anak mendapat nilai sedang dan 10 anak mendapat nilai
baik. Pada perteman II terdapat 4 anak mendapat nilai sedang dan 11 anak
mendapat nilai baik. Pertemuan III terdapat 2 anak mendapat nilai sedang, dan
13 anak mendapat nilai baik. Pada pertemuan IV terdapat 2 anak mendapat nilai
sedang dan 13 anak mendapat nilai baik. Pertemuan V terdapat 1 anak mendapat
nilai sedang dan 14 anak mendapat nilai baik.
Perbaikan yang terjadi Karena adanya usaha dari guru dalam
menyampaikan ataupun penggunaan metode yang tepat. Penerapan dan penanaman
motivasi dan pemberian rangsangan pada anak harus dilakukan oleh guru agar
tercapai tujuan pembelajaran secara maksimal.
Motivasi anak sangat berhubungan dengan hasil belajar yang akan
diperoleh, adanya motivasi dari dalam diri anak itu sendiri akan memicu semua
syafar-syaraf atau sikap-sikap perkembangan otak berjalan atau beraksi dan
berkembang optimal. Tinggi motivasi anak maka akan tinggi juga hasil belajar
yang diperoleh.
Anak akan mengikuti semua kegiatan
pembelajaran dengan motivasi tinggi apabila dalam dirinya ada rasa senang,
gembira, tidak merasa di paksa oleh siapapun. Rasa senang atau gembira adalah
reaksi emosi yang di timbulkan bila anak mendapatkan apa yang di inginkan,
kondisi yang sesuai dengan harapanya ( Nugraha, dkk.2008:2.11).
0 Response to "KARYA ILMIAH BAB IV ( bagian 2 ) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE KARYAWISATA DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III SINGKUT SAROLANGUN "
Post a Comment