BAB III
RENCANA PERBAIKAN
A. Informasi Subjek Penelitian
1. Lokasi
Penelitian
ini dilaksanakan di TK Aisiyah Bustanul Atfhal III Desa Payolebar Kecamatan
Singkut Kabupaten Sarolangun Jambi.
2. Waktu
Penelitian
dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 sejak tanggal 03 Maret sampai 07
Maret 2014 untuk siklus I dan 10 Maret sampai 14 Maret 2014 Untuk Siklus II.
3. Tema
Tema
dalam penelitian ini adalah Air, Udara dan Api dengan Sub Tema Air pada Siklus
I dan Sub Tema Api pada Siklus II.
4. Kelompok
Penelitian
dilaksanakan pada kelompok B TK Aisyiah Bustanul Atfhal III yang berjumlah 15
anak dengan karakteristik yang berbeda-beda.
5. Karakteristik Anak
Karakteristik
anak kelompok B TK Aisyiah Bustanul Atfhal III pada umumnya mempunyai kemampuan
di atas rata-rata, karena kurang stimulasi berhitung dari lingkungan keluarga
terutama kedua orang tuanya, maka anak kurang mampu menerima rangsangan dari
guru. Anak akan lebih tanggap apabila terbiasa di stimulasi dari lingkungan
terdekatnya.
B. Deskripsi Rencana Tiap Siklus
1. Siklus 1
a. Rencana Pelaksanaan
Untuk rencana pada siklus 1 dengan tema air, udara dan api, dengan
tujuan meningkatkan kemampuan berhitung. Langkah-langkah perbaikan yang
dilakukan adalah kendala atau sebab apa sampai terjadi pencapaiaan tujuan
pembelajaran tidak tercapai, apa Karena penerapan atau penggunaan metode yang
kurang maka hal perlu di lakukan perubahan penggunaan metode yang dapat menarik
motivasi belajar anak.
b. Prosedur Pelaksanaan
Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada siklus 1 antara lain
membuat rencana kegiatan harian ( RKH ) di siklus I dilakukan tiga kegiatan
yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada RKH I tanggal 03
Maret 2014 anak-anak melakukan kegiatan mengisi air kedalam gelas. Dan
menghitung gelas yang telah berisi air.
Tanggal 04 Maret 2014 anak-anak melakukan kegiatan mencari botol
tempat air dan menghitung / membilang banyaknya botol yang telah di peroleh.
Tanggal 05 maret 2014 anak-anak melakukan kegiatan tentang cerita
atau mengungkapkan pencampuran warna dan menghitung gelas yang telah di isi air
berwarna.
Tanggal 06 maret 2014 anak-anak melakukan kegiatan membuat urutan
bilangan 1-10 dengan gambar gelas dan membilang.
Tanggal 07 maret 2014 anak-anak melakukan kegiatan menghubungkan
kata “Balon dengan Gambar Balon” dan membilang banyaknya balon.
c. Rencana Pengamatan, Pengumpulan Data dan
Instrumen
a. Pengamatan
Berdasarkan hasil pengamatan dari Siklus I dengan lima atau lima
kali pertemuan dapat di ambil kesimpulan anak belum maksimal menerima semua
kegiatan oleh sebab itu penulis perlu memperbaiki metode pembelajaran untuk
hasil yang lebih baik lagi.
b. Pengumpulan Data
Dari hasil siklus 1 dengan tema air, udara, dan api dan sub tema
air, masih perlu di tingkatkan lagi, Karena masih ada beberapa anak yang belum
memahami dan mencapai target tujuan pembelajaran.
c. Instrumen
Beberapa instrumen yang digunakan antara lain :
1.
Observasi
2.
Unjuk Kerja
3.
Penugasan
d. Refleksi
Refleksi dilakukan setelah kegiatan pembelajaran, 5 kali pertemuan
dapat di tarik kesimpulan bagaimana hasil pembelajaran, sesuai atau tidak
dengan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
Kegiatan refleksi dilakukan dengan cara menyiapkan lembar penilaiaan
terhadap anak. Berapa anak yang sudah mampu, sedang dan berapa anak yang belum
mampu yang masih perlu di tingkatkan lagi.
Refleksi dilakukan untuk koreksi guru sudah berhasilkah kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan sebagai bahan acuan dari hasil pengamatan
siklus 1 dapat di simpulkan bahwa masih banyak kekurangan yang terjadi sehingga
masih perlu perbaikan pada siklus berikutnya.
2. Siklus II
a. Rencana
Pelaksanaan
Untuk rencana siklus 11 dengan tema air, udara dan api sub tema
udara dan api dengan tujuan mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui
metode karyawisata. Langkah-langkah perbaikan dengan cara mengidentifikasi
kekurarangan-kekurangan disiklus 1 dan diperbaiki pada siklus ke 11. Hal-hal
yang mungkin menjadi penyebab adalah kurangnya tempat yang pas sebagai
pendukung tema kegiatan pembelajaran anak.
b. Prosedur Pelaksanaan
Kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dilakukan disiklus 11 antara
lain pembuatan Rencana Kegitan Harian (RKH). Pada siklus 11 dilakukan
kegiatan-kegiatan yaitu kegitan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir.
Tangggal 10 maret 2014 kegiatannya adalah anak mengelompokkan balon
sesuai warna dan membilang balon yang mempunyai warna sama dan menjumlahkan.
Tanggal 11 maret 2014 kegiatannya adalah membilang gambar balon
udara dan menghubungkan gambar bola dengan angka yang sesuai.
Tanggal 12 maret 2014 kegiatannya adalah membuat gambar pohon
tertiup angin, membuat gambar layang-layang dan membilang gambar layang-layang.
Tanggal 13 maret 2014 kegiatannya adalah menghitung batang korek api
dan menunjuk lambang bilangan 1-5 pada gambar obor.
Tanggal 14 maret 2014 kegiatannya adalah menghubungkan gambar obor
dengan tulisan obor. Mengukur panjang buku dengan batang korek api dan meniru
lambang bilangan 1-8 dengan gambar tungku api.
c. Rencana Pengamatan,
Pengumpulan Data dan Instrumen
a. Pengamatan
Pada siklus 11 ini dengan RKH lima kali pertemuan dapat disimpulkan
oleh penulis bahwa anak lebih menyenangi metode yang dilakukan anak kelihatan
lebih aktif dalam menyelesaikan
kegiatan-kegiatan pembelajaran yang diberikan.
b. Pengumpulan data
Siklus II ini dapat di ambil kesimpulan bahwa pada tema air, udara,
dan api dengan sub tema udara dan api dapat di lihat memaksimalkan tujuan
pembelajaran, Karena anak paling suka main yang mengandung udara dan api,
biasanya anak suka bermain air dan udara.
Dari hasil pengumpulan dan membuktikan bahwa siklus ke II lebih baik
dari pada Siklus I, Karena sudah hampir semua anak mengerti apa itu hitung
berhitung.
c. Instrumen
Instrumen yang di gunakan pada siklus ke II diatas adalah
1.
Observasi
2.
Unjuk Kerja
3.
Penugasan
d. Refleksi
Refleksi dilaksanakan setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Pada siklus II terdiri dari RKH 5 kali pertemuan pada tanggal 10 Maret sampai
14 Maret 2014 dengan tema : air, udara dan api sub tema udara dan api.
Kegiatan refleksi dilakukan dengan cara mengamati hasil belajar
anak, menyiapkan lembar instrumen, lembar observasi dan unjuk kerja atau
penugasan.
Refleksi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sampai dimana
keberhasilah yang telah di capai selama 5 kali pertemuan.
Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus II
sudah menunjukkah peningkatan kemampuan berhitung anak hingga 80%.
0 Response to "KARYA ILMIAH BAB III MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE KARYAWISATA DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III SINGKUT SAROLANGUN"
Post a Comment