BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Perbaikan Tiap Siklus
1. Hasil Pengamatan
Siklus I
Dari Hasil Pengamatan
siklus 1 dapat diperoleh hal-hal antara lain : Anak termotivasi mengikuti
kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, tetapi belum maksimal anak memahami
penjelasan dari guru, dengan demikian masih perlu banyak perbaikan pada siklus
selanjutnya.
Untuk perbaikan
siklus 1 dengan lima kali pertemuan dari tanggal 03 Maret 2014 sampai 07 Maret
2014 dengan tema, air, udara dan, api dengan tujuan perbaikan meningkatkan
kemampuan berhitung anak adalah sebagai berikut :
a.
Senin, 3 Maret 2014
Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal + 30 Menit
a. Tanya Jawab tentang
Air, udara dan Api
2. Kegiatan
inti + 60 Menit
a. mengisi Air kedalam
Beberapa Botol
b. Menghitung Jumlah
Botol
3. Kegiatan
Akhir + 30 Menit
a. menyanyi Sayonara
b. Mengulang Kegiatan
Hari ini
Sarana dan alat yang digunakan
1. Kurikulum
2. Air
3. Botol
4. Corong
5. Cangkir
Langkah-langkah perbaikan
1. Kegiatan perbaikan
Kegiatan anak dalam SKH tanggal 03 Maret 2014 yaitu pada kegiatan
inti antara lain mengisi air kedalam beberapa botol dan menghitung jumlah
botol.
Pada kegiatan pertama anak-anak masih banyak yang belum tahu
bagaimana mengisi air kedalam botol, oleh sebab itu guru masih harus melakukan
kegiatan perbaikan antara lain :
a. Guru menunjukkan cara bagaimana
memasukkan air kedalam botol sambil di
hitung.
b. Guru meminta anak untuk menirukan apa
yang di contohkan guru
c. Guru memberikan urutan dari awal
bagaimana air bisa masuk kedalam botol
1.
Kegiatan Pengembangan
Dalam menghitung jumlah botol yang telah di isi air anak sudah
banyak yang mampu tetapi belum maksimal, harus dilakukan dengan cara
berkelompok, dan dilakukan langkah-langkah perbaikan antara lain :
a. Bimbing anak untuk mengucapkan rutkan angka
yang sesuai dengan jumlah botol
masing-masing
b. Guru menunjukkan botolnya dan anak-anak
yang menghitung
c. Berikan motivasi untuk mampu menghitung
sambil menunjuk bendanya.
Hasil
Refleksi
Dari
uraiaan kegiatan perbaikan dan kegiatan pengembangan dapat ditemukan hasil
refleksi yaitu :
1. Untuk kegiatan inti pertama masih belum
mencapai target, sehingga perlu di ulang kembali.
2. anak sudah banyak yang mampu mengikuti,
tetapi ada yang sebagaian anak belum mampu, dan harus di lakukan perbaikan pada
kegiatan inti yang kedua.
b.
Selasa, 4 Maret 2014
Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal + 30 Menit
a. Senam Bebek 1
b. Tanya Jawab tentang
Air, udara dan Api
2.
Kegiatan inti + 60 Menit
a. Mencari botol- Botol
b. Membilang Banyak Botol
3.
Kegiatan Akhir + 30
Menit
a. Menyanyi lagu Anak
b. Mengulang Kegiatan
Hari ini
Sarana dan alat yang digunakan
1. Kurikulum
2. botol-botol
Langkah-langkah perbaikan
1. Kegiatan perbaikan
Dalam kegiatan mencari botol-botol anak sudah mampu bahkan sangat
antusias dalam mengikuti kegiatan ini, tetapi ada yang perlu di ingat dan perlu
di perbaiki dalam kegiatan ini antara lain langkah-langkahnya sebagai berikut :
a. Pilih dan Seleksi tempat yang akan di
jadikan tempat kegiatan
b. Pastikan tempatnya aman dan tidak begitu
jauh
c. bimbing anak untuk lebih hati-hati
melakukanya.
2.
Kegiatan Pengembangan
Kegiatan inti kedua adalah membilang banyak botol atau apa saja yang
bisa untuk menampung air, anak masih ada yang belum mampu sehingga perlu
dilakukan langkah-langkah perbaikan antara lain :
a. Bimbing anak untuk belajar menghitung
b. ajari anak untuk mengenal konsep bilangan
dengan botol-botol
Hasil
Refleksi
Berdasarkan dari kegiatan inti satu dan dua maka semua kegiatan
pembelajaran sudah berlangsung sebagaimana mestinya, tetapi untuk hasil yang
maksimal perlu dilakukan berulang-ulang.
c.
Rabu, 5 Maret 2014
Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal + 30 Menit
a. Berayun
b. menirukan Kalimat “
Air Penting Untuk Kehidupan”
2. Kegiatan
inti + 60 Menit
a. Bermain Pencampuran
warna
b. Menghitung Gelas yang
ada air berwarnanya.
3. Kegiatan
Akhir + 30 Menit
a. Mencuci Tangan
b. Mengulang Kegiatan
Hari ini
Sarana dan alat yang digunakan
1. Air
2. Cat /Pewarna
3. Sendok
4. Gelas-gelas Bening
Langkah-langkah perbaikan
1. Kegiatan perbaikan
Dalam kegiatan perbaikan akan dilakukan kegiatan inti satu yaitu
bermain mencampur warna dengan langkah-langkahnya sebagai berikut :
a. Siapkan tiga gelas kosong kemudian, isi
air, campurkan tiga warna dasar ( merah. Kuning, Biru) kemasing-masing gelas
yang sudah ada airnya.
b. Aduk Hingga airnya berubah warna
c. Lalu Campurkan dari 1 Warna dengan 1
warna Lainya
d. dan campurkan lagi campuran warna
tersebut.
2. Kegiatan Pengembangan
Kegiatan anak lebih banyak bermain pada kegiatan menghitung gelas
dengan langkah-langkah perbaikan antara lain :
a. Guru menginformasikan cara memainkan
kegiatan ini
b. Guru menjelaskan apa yang harus dilakukan
c. dengan kegiatan ini anak di harapkan
mampu berhitung dengan media apapun.
Hasil
Refleksi
a. Dari kegiatan yang
dilakukan sebagian besar anak-anak sudah mampu menghitung dengan menggunakan
benda-benda di alam sekitar.
b. Untuk kegiatan selanjutnya adalah mengenal bagaimana hasil
warna yang dicampur dan menghitung warna-warna apa yang di gunakan dan berapa
jumlahnya.
d. Kamis, 6 Maret 2014
Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal + 30 Menit
a. Bergantung
b. Menulis Nama Sendiri
2. Kegiatan
inti + 60 Menit
a. membuat Urutan
Bilangan 1-10
b. membilang Gambar Gelas
Susu
3. Kegiatan
Akhir + 30 Menit
a. Bernyanyi
b. Mengulang Kegiatan
Hari ini
c. berdo’a Pulang
Sarana dan alat yang digunakan
1. Angka 1-10
2. Gambar Gelas Susu 1-10
Langkah-langkah perbaikan
1. Kegiatan perbaikan
Dalam membuat urutan bilangan 1-10 anak-anak banyak yang belum mampu
secara maksimal sehingga perlu perbaikan dengan langkah-langkahnya sebagai
berikut :
a. Guru memberi contoh cara mengurutkan
angka 1-10
b. Guru mengurutkan dengan media gambar
gelas
2. Kegiatan Pengembangan
Pada kegiatan anak dalam mengurutkan angka 1-10 belum sesuai dengan
harapan maka anak akan menghitung gambar gelas susu.langkah-langkah perbaikan
a. Guru memberikan beberapa gambar gelas
b. kemudian menghitung pelan-pelan secara
berurutan
Hasil
Refleksi
a. Dari kegiatan yang
dilakukan pada RKH yaitu mengurutkan bilangan 1-10 masih belum maksimal,
sehingga kegiatan ini perlu di ulang kembali.
b. pada kegiatan ke dua membilang gambar gelas susu anak-anak
sudah mampu, hanya perlu di tingkatkan kembali.
e. Jum’at, 7 Maret 2014
Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal + 30 Menit
a. Menyebut Agama Islam
b. Menyebutkan tempat
Ibadahnya
2. Kegiatan
inti + 60 Menit
a. Menghubungkan kata
balon dengan gambar balon
b. membilang / Menghitung
balon
3. Kegiatan
Akhir + 30 Menit
a. Bernyanyi
b. Mengulang Kegiatan
Hari ini
c. berdo’a Pulang
Sarana dan alat yang digunakan
1. Kata Balon
2. Gambar Balon
3. Balon
Langkah-langkah perbaikan
1. Kegiatan perbaikan
Anak menghubungkan kata balon dengan gambar balon belum mampu
sehingga perlu perbaikan dengan langkah sebagai berikut :
a. Guru Menunjukkan huruf satu persatu
kepada anak ( B_A_L_O_N )
b. Guru Menunjukkan kepada anak bagaimana
bunyi tersebut
2. Kegiatan Pengembangan
kegiatan anak membilang/menghitung balon berjalan dengan baik, untuk
itu akan melakukan kegiatan membilang menghitung balon.
a. Guru menginformasikan cara membilang
/menghitung balon
b. Guru menghitung dengan balon dari 1-10
c. Anak-anak di ajak menunjuk dan mengikuti
cara berhitung.
Hasil
Refleksi
a. Dari kegiatan yang
dilakukan yaitu menghubungkan kata balon masih belum maksimal sehingga perlu di
ulang kembali
b. pada kegiatan kegiatan
bermain menghitung balon sudah berjalan dengan baik, sehingga tidak harus di
ulang kembali
0 Response to "KARYA ILMIAH BAB IV ( bagian 1 ) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE KARYAWISATA DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III SINGKUT SAROLANGUN "
Post a Comment