MENINGKATKAN
KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE
KARYAWISATA DI TAMAN KANAK KANAK
AISYIYAH
BUSTANUL ATHFAL III
SINGKUT
SAROLANGUN
Yuli Mawarni
NIM 819252465
Email :
yuli1981mawarni@gmail.com
Abstrak
Berdasarkan pengamatan terhadap
kegiatan pembelajaran perkembangan kemampuan khususnya berhitung anak kelompok
B taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal III singkut sarolangun masih belum
maksimal. Hanya 40% anak yang mampu sementara yang lain masih perlu perbaikan.hal
ini terjadi karena guru kurang kreatif dalam merangsang pembelajaran, kurang
dapat dalam penggunaan metode belum menarik minat anak, pengelolaan kelas
kurang tepat, dan konsentrasi anak kurang maksimal. Dan perbaikan ini dilakukan
dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan kognitif khususnya berhitung anak kelompok B melalui
metode karyawisata. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode
karyawiwata, dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 5
RKH atau lima kali pertemuan dengan langkah-langkah rencana, prosedur pelaksanaan, rencana pengamatan,
pengumpulan data, instrumen, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan ada
peningkatan kemampuan kognitif khususnya berhitung anak kelompok B di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal III Singkut Sarolangun. Pada siklus I dilaksanakan
metode karyawisata secara kelompok besar kemampuan berhitung anak mencapai 40 %
sedangkan pada siklus II dilaksanakan dengan metode karyawisata secara kelompok
kecil kemampuan berhitung anak meningkat mencapai 80%. Dengan demikian dapat di
simpulkan bahwa penerapan metode karyawisata mampu meningkatkan kemampuan
kognitif khususnya berhitung anak kelompok B Taman kanak-kanan Aisyiyah
Bustanul Athfal III singkut sarolangun.
Kata
kunci : kemampuan,
berhitung, karyawisata
.
Mahasiswa
program S1 PAUD,FKIP,Universitas Terbuka
LEMBAR
PENGESAHAN
MENINGKATKAN
KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA
BERHITUNG
ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE
KARYAWISATA
DI TAMAN KANAK-KANAK
AISYIYAH
BUSTANUL ATHFAL III
SINGKUT
SAROLANGUN
LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL ( PKP )
PROGRAM
STUDI S-1 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
OLEH :
NAMA : YULI MAWARNI
NIM : 819252465
KELOMPOK
BELAJAR : SAROLANGUN
MASA
REGISTRASI : 2014.1
Sarolangun, April 2014
Mengetahui : Menyetujui/Mengesahkan
Ka. UPBJJ-UT Jambi Supervisor/Pembimbing
Dra.
Hartinawati, M.Pd Dra.
Irma Suryani, M.Pd
NIP
19581024 198602 2 001 NIP
19651011 199203 2 002
LEMBAR
PENGESAHAN
MENINGKATKAN
KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA
BERHITUNG
ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE
KARYAWISATA
DI TAMAN KANAK-KANAK
AISYIYAH
BUSTANUL ATHFAL III
SINGKUT
SAROLANGUN
LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL ( PKP )
PROGRAM
STUDI S-1 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
OLEH :
NAMA : Yuli Mawarni
NIM : 819252465
KELOMPOK
BELAJAR : SAROLANGUN
MASA
REGISTRASI : 2014.1
Sarolangun, April 2014
Kepala TK Mahasiswa
Aisyiyah Bustanul Athfal III
Siti Maratus Solehah,
S.Pd AUD Yuli
Mawarni
. NIM
819252465
Supervisor
I
Dra.
Irma Suryani, M.Pd
NIP
19651011 199203 2 002
LEMBAR
PENGESAHAN LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI S-1 PG PAUD
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TERBUKA
Nama : Yuli Mawarni
NIM : 819252465
Program
Studi : S-1 PG PAUD
Tempat
Mengajar :
Jumlah
Siklus Pembelajaran : 2 Siklus
Hari
Dan Tanggal Pelaksanaan : Siklus I Hari Senin, Tanggal 03 Maret 2014
Hari Selasa, Tanggal 04 Maret 2014
Hari Rabu, Tanggal 05 Maret 2014
Hari Kamis, Tanggal 06 Maret 2014
Hari Jum’at, Tanggal 07 Maret 2014
Siklus II Hari Senin, Tanggal 10 Maret
2014
Hari Selasa, Tanggal 11 Maret 2014
Hari Rabu, Tanggal 12 Maret 2014
Hari Kamis, Tanggal 13 Maret 2014
Hari Jum’at, Tanggal 14 Maret 2014
Masalah
yang merupakan fokus perbaikan :
1. Hasil
Kegiatan Pembelajaran Berhitung kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal III
2. Penggunaan
Metode Karyawisata
Sarolangun, April 2014
Menyetuji / Mengesahkan : Mahasiswa
Supervisor I / Pembimbing
Dra.
Irma Suryani, M.Pd Yuli
Mawarni
NIP
19651011 199203 2 002 NIM
819252465
LEMBAR PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT
Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan Praktek Pemantapan
Kemampuan Profesional ( PKP ) yang saya susun sebagai syarat untuk memperolah
gelar sarjana pendidikan dari program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini ( PG PAUD ) Universitas Terbuka ( UT ) merupakan hasil karya saya
sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya
kutip dari hasil karya orang lain telah di tuliskan dalam sumbernya secara
jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmah.
Apabila dikemudian hari di temukan seluruh atau sebagian laporan PKP
ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian
tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik
yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
Sarolangun,
April 2014
Yang Membuat Pernyataan
YULI MAWARNI
NIM 819252465
KATA PENGANTAR
Segala puji dan rasa syukur penulis sampaikan kehadirat Allah SWT,
yang mana atas nikmat sehat yang diberikan sehingga penulis dapat menyelesaikan
laporan Pemantapan Kemampuan Profesional ( PKP ) ini dengan judul “Meningkatkan
Kemampuan Kognitif Khususnya Berhitung Anak Kelompok B Melalui Metode
Karyawisata TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Singkut Sarolangun”.
Laporan ini dutulis dan di susun untuk memenuhi Tugas Pemantapan
Kemampuan Profesional dan sebagai persyaratan untuk menyelesaikan jenjang
pendidikan S 1 PGPAUD pada Universitas Terbuka UPBJJ-UT Jambi.
Dengan terselesaikannya laporan PKP ini penulis mengucapkan banyak terima
kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Penulis menyampaikan rasa terima
kasih kepada :
Dra. Irma Suryani, M.Pd sebagai pembimbing hingga terselesaikanya
laporan ini.
Donaliza Martini, S.Pd.AUD Sebagai teman sejawat yang telah memberi
banyak masukan dalam penyusunan laporan PKP ini. Siti Maratus Solihah, S.Pd.AUD
Sebagai Kepala Sekolah tempat praktek yang telah memberikan waktu dan
kesempatan dalam pelaksanaan praktek
Mengajar Penulis. Sudarsi sebagai pengelola PAUD yang telah memberikan
waktu kesempatan juga dukungan demi selesainya laporan PKP ini
Para Tutor dari UT sebagai penyalur ilmu untuk penulis sehingga
penulis mendapat ilmu dan berbagai pengetahuan tentang laporan yang harus di
selesaikan untuk Jejak S 1 PGPAUD Universitas Terbuka ( UT ) Jambi.
Dra. Hartinawati, M.Pd sebagai kepala UPBJ-UT Jambi yang telah
memberikan peluang untuk penulis menimba ilmu dan kesempatan menyelesaikan
laporan PKP ini. Para Pengelola Daerah dan Pusat UT sebagai fasilitator dan
motivator selama penulis kuliah di UT Jambi ini dari kelompok belajar di
Kabupaten Sarolangun.\
Keluarga tercinta sebagai pendukung baik moral ataupun spritual juga
motivator bagi penulis hingga terselesaikanya laporan PKP ini.
Akhirnya penulis mendo’akan semoga Allah senantiasa melindungi dan
memberikan kesehatan dan panjang umur. Sehingga dapat meraih cita-cita harapan
kita semua. Mudah-mudahan laporan ini penulis harapkan bermanfaat bagi pembaca.
Amin
Sarolangun, April 2014
Penulis
DAFTA
ISI
HALAMAN JUDUL---------------------------------------------------------------- i
ABSTRAK-------------------------------------------------------------------------- ii
LEMBAR PENGESAHAN------------------------------------------------------- iii
LEMBAR PENGESAHAN------------------------------------------------------- iv
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PERBAIKAN-------------------------- v
LEMBAR PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT---------------------------------- vi
KATA PENGANTAR------------------------------------------------------------ vii
DAFTAR ISI--------------------------------------------------------------------- viii
DAFTAR LAMPIRAN------------------------------------------------------------ ix
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah------------------------------------------------ 1
B. Rumusan Masalah------------------------------------------------------ 3
C. Tujuan Perbaikan------------------------------------------------------- 3
D. Manfaat Perbaikan----------------------------------------------------- 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kognitif, Pengembangan
Kognitif, Pengembangan Berhitung-------- 5
B. Metode Pengembangan
Kognitif------------------------------------- 13
C. Hipotesis Tindakan---------------------------------------------------- 17
BAB III RENCANA PERBAIKAN
A. Informasi Subjek
Penelitian------------------------------------------- 18
B. Deskripsi Rencana Tiap
Siklus---------------------------------------- 18
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Perbaikan Tiap
Siklus------------------------------------------- 23
B. Pembahasan Setiap
Siklus -------------------------------------------- 49
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.
KESIMPULAN------------------------------------------------------- 51
B.
SARAN--------------------------------------------------------------- 51
Daftar pustaka--------------------------------------------------------------------- 52
Lampiran
DAFTAR LAMPIRAN
1.
Biodata Penulis
2.
Surat Kesediaan Sebagai
supervisor II
3.
Surat kesediaan sebagai penilai
4.
Dua set APKG PKP I dan APKG PKP
II dari Supervisor II
5.
Satu set APKG PKP I dan APKG
PKP II dari penilai
6.
Foto dokumentasi
7.
Jurnal Pembimbingan Supervisor
0 Response to "KARYA ILMIAH LAPORAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE KARYAWISATA DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III SINGKUT SAROLANGUN"
Post a Comment