loading...

Tips Merawat Motor di Musim Penghujan

Tips Merawat Motor di Musim Penghujan
Merawat Sepeda Motor

Dunia Informasi - Akhir-akhir ini, hujan sudah mulai sering membasahi seluruh wilayah Indonesia. Bagi pemotor yang kerap melintasi jalanan saat musim penghujan, mesti waspada terhadap genangan air maupun banjir yang kerap ditemui di beberapa ruas jalan.
Selain waspada terhadap genangan air ataupun banjir, para penunggang sepeda motor pun harus memberikan perhatian ekstra terhadap tunggangannya. Biasanya, usai melibas genangan air dan menerobos guyuran hujan, beberapa bagian motor akan basah terkena air hujan maupun cipratan air.


Untuk itu, tak ada salahnya jika usai berkendara untuk membersihkan bagian-bagian vital pada sepeda motor, atau akan lebih baik lagi jika mencuci (steam) motor. Bagian-bagian vital yang harus diperhatikan antara lain soket-soket atau sambungan kabel terbuka yang diperkirakan bisa mengakibatkan hubungan arus pendek. Oleh karena itu, bagian ini harus tetap kering, usahakan terhindar dari cipratan air.
Tips Merawat Motor di Musim Penghujan
Piranti penggerak roda seperti rantai pun harus mendapatkan perhatian ekstra. Efek dari cipratan air hujan maupun genangan air akan menimbulkan karat. Dan, kinerja dan pergerakan rantai pun tidak maksimal. Untuk itu, rajin-rajinlah membersihkan rantai dengan pembersih rantai (chain wax).
Disarankan untuk tidak melumasi rantai dengan oli bekas, karena oli bekas justru akan semakin merusak rantai. Segera ganti dengan yang baru jika kondisi rantai sudah aus.
Nah, bagi penunggang skuter matik, agar lancar saat berkendara di musim hujan, yang mesti diperhatikan adalah seal-seal maupun packing pada mesin CVT. Untuk yang satu ini, minta bantuan mekanik bengkel untuk memeriksa, apakah seal dan packing CVT masih berfungsi dengan baik.
Ganti seal dan packing jika terlihat ada celah yang bisa mengakibatkan masuknya air ke ruang CVT. Karena sabuk atau belt CVT rentan terhadap air



0 Response to "Tips Merawat Motor di Musim Penghujan"

loading...