loading...

Tips Mengatasi Mabuk Darat Tanpa Obat

Tips Mengatasi Mabuk Darat Tanpa Obat

Dunia Informasi - Mabuk darat mungkin pernah menyerang Anda saat melakukan perjalanan menggunakan mobil atau kendaraan darat lain. Hal ini tentu sangat mengganggu, sehingga seringkali untuk mengatasinya Anda mengkonsumsi obat anti mabuk. Namun ini tidak sepenuhnya manjur.
Obat anti mabuk memang ampuh mengatasi, namun tentu saja obat memiliki dampak negatif pada tubuh apalagi jika dikonsumsi terus menerus.
Mabuk darat sendiri merupakan kondisi tubuh yang tidak seimbang saat berada dalam benda bergerak seperti mobil. Hal ini disebabkan karena otak mengalami gangguan akibat kurangnya sinktonisadi antar sensor tubuh.

Tips Mengatasi Mabuk Darat Tanpa Obat

Gejala yang terjadi cukup bervariasi, mulai dari perut mual, pusing, sakit kepala hebat, badan lemas, keluar keringat dingin hingga muntah.


Sebagai gambaran, Anda akan mulai merasakan mabuk saat melakukan kegiatan yang terfokuskan pada satu hal. Salah satunya membaca, kegiatan ini menyebabkan kerja sensor tak sinkron sehingga otak mengalami kesulitan memahami.
Saat membaca mata tertuju pada satu fokus, sedangkan sensor tubuh lain seperti telinga, kulit dan otot merasakan pergerakan. Semua sensor tubuh ini mengirim pesan yang berbeda-beda ke otak. Perbedaan pesan ini menyebabkan otak mengalami kebingungan, sehingga muncul gejala mabuk seperti pusing dan sakit kepala.
Jika hal ini terus berlanjut, otak akan memerintahkan tubuh untuk mengatasi permasalahan ini dan cara yang dipilih adalah dengan muntah. Muntah merupakan cara tubuh yang paling umum dalam menghilangkan racun tubuh, karena saat mengalami mabuk darat otak merasa tubuh seperti diserang racun.
Untuk mengatasi hal ini, Anda cukup melakukan kegiatan yang mampu mensikronisasi antar kerja sensor. Seperti melihat pemandangan di luar yang bergerak. Cara lainnya adalah dengan mengubah posisi duduk, cobalah mencari tempat duduk yang mengalami sedikit pergerakan atau guncangan.
Sebaiknya hindari makan berlebih atau makan pedas sebelum melakukan perjalanan. Jika gejala mabuk darat masih berlanjut, istirahatkan kepala Anda pada sandaran jok, usahakan untuk tak bergerak. Terakhir adalah dengan mengkonsumsi makanan ringan dan minum air mineral cukup banyak untuk menghindari rasa mual dan muntah.



1 Response to "Tips Mengatasi Mabuk Darat Tanpa Obat"

loading...