MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK
KELOMPOK B TK
ABA II MELALUI METODE
KARYAWISATA
TAHUN PELAJARAN
2013 / 2014 DESA PAYOLEBAR
KECAMATAN
SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN
LAPORAN
PEMANTAPAN
KEMAMPUAN PROFESIONAL ( PKP )
PROGRAM SI
PGPAUD
OLEH :
NAMA : YULI MAWARNI
NIM : 819252465
KELOMPOK
BELAJAR : SAROLANGUN
MASA REGISTRASI : 2014.1
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA ( UT )
UPBJJ JAMBI
2014.1
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Mengingat pentingnya pengembangan kognitif yaitu
pengembangan aspek aritmatika khususnya berhitung, maka pengembangan berhitung
harus diutamakan. Seperti halnya pohon apabila tidak ada salah satu organya
maka tidak akan sempurna sebatang pohon tersebut. Begitu juga dengan
perkembangan berhitung, apabila tidak dikembangkan sejak usia dini maka tidak
akan mampu berhitung dengan maksimal, dari usia dinilah semua aspek
perkembangan dapat di kembangkan. Usia dini 0 sampai 6 tahun adalah usia dimana
semua yang diberikan, rangsangan, motivasi dan stimulasi akan dengan mudah
diterimanya. Usia dini adalah usia peka apapun hal yang terjadi dialam dapat
direkam dalam memorinya, dan tidak mudah hilang begitu saja.
Dalam pengembanggan aritmatika kemampuan anak di arahkan
untuk mampu berhitung atau konsep berhitung pemula ( awal berhitung ) yang
mencakup antara lain:
1.
Mengenal bentuk-bentuk
angka sederhana ( 1 – 20 )
2.
Menyebut urutan angka
dalam sebuah bilangan ( 1- 20 )
3.
Menghitung benda-benda
yang ada disekitarnya
4.
Menghubungkan konsep
benda dengan bilangan
5.
Mengenali konsep angka
dalam jam atau waktu
6.
Mengurutkan benda yang
jumlahnya sedikit ke banyak
7.
Mengenal penambahan
dan pengurangan
Dari
semua pengembangan aritmatika diatas maka penulis ingin mengembangkan konsep
berhitung. Apabila pengenalan berhitung dimulai sejak dini khusunya di usia
kelompok B TK ABA II maka anak akan siap berhitung di jenjang pendidikan
selanjutnya.berhitung dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya.
1.
Bermain hitung benda
mainan kesukaan ( boneka, Mobil-mobilan )
2.
Bermain hitung dengan
kelereng
3.
Bermain hitung pohon
di alam sekitar
4.
Bermain hitung daun
5.
Bermain hitung batu
Dan ada banyak lagi alat, bahan dan benda yang dapat dijadikan
alat peraga untuk berhitung, dengan alat peraga dan metode yang tepat hasilnya
akan tepat sasaran juga.
Perkembangan aritmatika khusunya berhitung untuk kelompok B
di TK ABA II perlu diperhatikan, karna berhitungnya masih belum memadai atau
belum maksimal. Hal ini disebabkan karna pendidikannya masih belum tepat dalam
memberikan kegiatan-kegiatan sesuai dengan minat anak. Didalam pembelajaran di TK harus menggunakan
metode-metode yang mendukung. Apabila seorang pendidik salah dalam memberikan
metode, maka tidak maksimal juga pencapaiaan tujuan pembelajaran yang
dilaksanakan.
Dengan alasan tersebut maka penulis mencari jalan keluar dan
memikirkan kira-kira metode apa yang harus digunakan dalam kegiatan
pengembangan berhitung. Pengembangan berhitung akan lebih dapat di cerna dan
dimengerti oleh anak-anak apabila yang dihitung merupakan benda-benda yang
dapat dihitung, nyata, dapat ditangkap oleh panca indranya. Karna anak akan
lebih senang dan mengikuti kegiatan dengan baik apabila suasana hatinya
gembira, tidak ada tekanan dan paksaan. Usia dini adalah usia bermain maka apabila
pembelajaran dilakukan dengan cara bermain maka akan lebih memudahkan
pendidikanya dalam membimbing.
Karna berbagai alasan dan latar permasalahan maka penulis
ingin mencoba dengan menggunakan salah satu metode pengembangan yaitu metode
karyawisata.
Mengapa penulis menggunakan metode tersebut, metode karya
wisata adalah sebuah metode yang proses belajarnya di alam, dengan kata lain
anak diajak bermain bebas di luar kelas.
Anak akan bebas ber ekspresi mengenal alam lingkungan dan mengetahui ada apa
saja dalam lingkunganya. anak mampu melihat, merasa, meraba dan menggunakan
panca indranya secara optimal. Anak suka belajar dari hal-hal yang nyata.
Berdasarkan uraiaan diatas maka penulis tertarik untuk
meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK ABA II melalui metode
Karyawisata tahun 2013 /2014 Desa Payolebar Kecamatan Singkut Kabupaten
Sarolangun.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dapat
dirumuskan suatu masalah yaitu “Bagaimanakan Meningkatkan Kemampuan Berhitung
Anak Kelompok B TK ABA II Melalui Metode Karya Wisata Tahun Pelajaran 2013 /
2014 Desa Payolebar Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun”.
C. Tujuan Perbaikan
Tujuan perbaikan pengembangan ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan berhitung anak kelompok B TK ABA II melalui Metode Karya Wisata Tahun
Pelajaran 2013 / 2014 Desa Payolebar Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun.
D. Manfaat Perbaikan
Perbaikan ini diharapkan bermanfaat bagi :
1.
Anak TK
Bagi anak TK manfaat perbaikan antara lain :
Ø
Anak mampu membilang (
mengenal konsep bilangan ) dengan benda-benda
Ø
Anak mampu menyebutkan
urutan bilangan 1-20
Ø
Anak mengenal
penambahan dan pengurangan dengan menggunakan benda-benda
Ø
Anak mengenal
pembagian dengan menggunakan benda
2.
Guru
Bagi Guru manfaat perbaikan antara lain :
Ø
Guru akan menggunakan metode
yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran dan minat anak
Ø
Guru akan lebih
meningkatkan kreativitas demi tercapainya tujuan pembelajaran
Ø
Guru akan merasa puas
apabila kegiatan pembelajaran yang direncanakan sesuai dengan pelaksanaan
3.
Sekolah
Manfaat perbaikan bagi sekolah antara lain :
Ø
Apabila anak-anak
dalam wilayah sekolah tersebut merupakan anak-anak yang cerdas, maka sekolah
akan mendapat nama baik dimata umum.
Ø
Akan meningkatkan
minat calon anak didik sekolah tersebut.
Ø
Dapat menjadi tempat
atau sekolah percontohan dapat digunakan untuk magang dari sekolah lain.
Ø
Sekolah akan lebih
maju dan bermutu tinggi
4.
Institusi
Manfaat perbaikan bagi institusi antara lain :
Ø
Akan Memberi Pandangan
Positif terhadap sekolah bersangkutan
Ø
Dapat memberikan
bantuan tepat sasaran sehingga apa yang diberikan dapat digunakan sebagaimana
mestinya.
Ø
Memberikan nama baik
tidak hanya di desa saja tapi mencakup wilayah kecamatan bahkan kabupaten.
Ø
Dapat memberi nama
baik wilayah.
0 Response to "Contoh Karya Ilmiah, Judul : MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK"
Post a Comment