loading...

Tips Persiapan Sepeda Motor untuk Hadapi Musim Hujan

Tips Persiapan Sepeda Motor untuk Hadapi Musim Hujan
Banjir

Sobat Bloger Musim hujan mulai tiba, ditandai dengan semakin tingginya curah hujan di beberapa daerah Indonesia. Untuk pengguna jalan, khususnya pesepeda motor dan terkhusus lagi yang berada di daerah rawan banjir seperti Jakarta maka ada baiknya mempersiapkan diri.
 
Ada beberapa hal yang perlu dicermati, terutama dengan kesiapan tunggangan menghadapi jalanan basah dan atau hujan badai, bahkan banjir.
 
Berikut poin-poinnya:
1.Periksa lampu-lampu dan Pastikan berfungsi dengan baik atau dalam kondisi menyala. Lampu-lampu terdiri dari lampu utama (depan-belakang), lampu stop, dan lampu sein.
2. Pastikan tebal alur ban dalam keadan prima dan masa pakainya belum terlalu lama, dilihat pada tanda TWI atau Tread Wear Indikator. Pilihlah juga ban yang bisa untuk kondisi jalan basah.
3 Periksa kondisi busi dan cop (tutup busi) dalam kondisi baik. Jika kondisinya tidak baik, busi akan rawan mati saat menerjang genangan air.
4. Bersihkan dan lumasi rantai roda (untuk pengguna sepeda motor tipe cub/ bebek dan sport).
5. Pastikan selang pernafasan karburator (tipe sepeda motor karburator) tidak tersumbat dan aman pada saat menerjang genangan air.
6 Pastikan kondisi rem depan dan belakang berfungsi dengan baik.
7. Usahakan saringan udara tidak kemasukan air pada saat menerjang genangan.
8. Pastikan cara kerja gas (termasuk handel dan kabelnya) baik.

0 Response to "Tips Persiapan Sepeda Motor untuk Hadapi Musim Hujan"

Post a Comment

loading...